5 K bagi kesuksesan JIHAD

1. KONSOLIDASI

Perteguh kesatuan dan persatuan. Gemakan senantiasa ukhuwah dalam khithoh yang sama. Yakinlah dengan hal itu musuh akan centang perenang lari tunggang langgang.

103. dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. Q.S. ali Imron [3}:103

 2. KONSULTASI

Bagaimapun kita sadari, bahwa Ummat ini dalam sejarahnya yang panjang telah dihiasi dengan perbedaan pendapat, sehingga dengan demikian perlu dialog terbuka dan secara bijaksana untuk saling melengkapi dan menambahkan. Tentu saja hal ini dilakukan dengan khithoh yang sama.

59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. Q.S. an-Nisa {4}:59

 3. KOREKSI

Betapa banyak kita jumpai orang-orang yang berkata, “Anan Muslim”, sedang Islam yang mereka kenal, hanya mereka jadikan sebagai kegiatan ritual. Mereka tidak menyandarkan konsep dan tatahidupnya kepada apa yang selayaknya menjadi identitas dan bukti dari kata-katanya, “anaMuslim”!. Dan tugas kita untuk menegurnya, mengingatkannya, bahwa islam bukan hanya sekedar seperangkat kegiatan ritual yang monoton, tetapi ia juga adalah keseluruhan system hidup yang integral Q.S al-An’am {6}:153

153. dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.

 4. KOMPETISI

Dalam zaman yang telah sedemikian buruknya ini dan dalam peradaban yang telah sedemikian busuknya ini, kita jumpai kebathilan senantiasa berusasaha menindas, menggilas dan meng-hancurkan al-Haq dibalik topeng keimanan yang semu. Betapa tidak ?. dalam era bebas nilai sedemikan rupa, orang tak pernah lagi peduli salah atau benar, haram atau halal. Maka tugas kitalah senantiasa berusaha dapat muncul kepermukaan sebagai orang yang ungul, sebagai ummat terpilih dan pilihan yang tersibghoh dengan sibghotul-haq diatas titian sabilil-haq. Kita harus berusaha berlomba dengan ghoir Muslim yang memiliki haq dan kesempatan yang sama, yakinlah bagaimanapun Alloh adalah pelindung dan pembela Dien-Nya.

110. kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

 5. KONPRONTASI

Bukankah berulangkali Alloh tandaskan, bahwa Diennun-Nur ini, Islam yang mulia, kelahiran dan kehadirannya senantiasa mengundang kebencian orang-orang yang berhakim kepada Thoghut, bukan kepada Alloh. Maka bila gendering perang telah dikumandangkan dan bendera perang telah mereka kibarkan maka tak pantas dan tak layak bagi kita untuk takut apalagi mundur.

15. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, Maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur).

 7. Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

 81. dan Katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s