Jalan Menuju : Refleksi Kehidupan

Dalam kehidupan ini banyak sekali pengalaman, kejadian, dan kondissi rasa yang silih berganti… dalam tulisan ini saya mencoba merenungi makna kehidupan dari satu terminologi ”jalan”… diharapkan kita hidup sebagai manusia di muka bumi ini mengetahui tujuan dan peran serta fungsinya dengan benar.. amin..

dalam pemahaman saya ”jalan” dapat diartikan ketiga penegrtian yang berurutan:

1. jalan sebagai trek
kita sering mendengar kata jalan raya-jalan setapak, jalan rusak… semua frase itu menunjukan arti “jalan” sebagai trek… begitupun dalam kehidupan ini begitu banyak trek yang dihamparkan.. mau ke kanan-ke kiri, ke selatan, utara, dan lain-lain.. sebagai insan kita boleh memilih jalan/trek mana yang akan kita lalui..

2. jalan sebagai metode/cara
“kalau mau ke rawamangun jalannya ke mana ya?” dalam pengertian dalam kalimat di sebalah.. makna jalan adalah metode… setelah kita mengetahui tujuan perjalannan kita tentunya kita harus memilih “jalan” yang sesuai dan tepat.. begitupun kita jika menmeng ingin mengarahkan perjalanan kita ketujuan harus melalui metode/jalan yang benar dan sesuai dengan petujuk… jangan sampai kita berjalan tanpa arah dan tujuan, atautidak sesuai cara yang seharusnya untuk mencapai tujuan… konsistenlah dengan tujuan dan jalan kita..

3. jalan sebagai aksi
“jalan” yang terakhir dalam artian menelusuri atau menapaki trek yang telah kita ketahui jalan/metodenya… tentunya sia-sia bila kita telah memilih jalan dan konsisiten tanpa adanya aksi…ya…

“berjalan di jalan melewati jalan yang kau pilih” itulah kehidupan di dunia…
silahkan kau memilih…
jalan menuju….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s